ALQUR’AN SEBAGAI OBAT


  1. Menentramkan
  2. Teori magic spot Norma F. Capra, University of Maryland, USA
  3. Prof. Hooven psikoloog dari Belanda, Mengucapkan kata “ALLAH”  menghilangkan kekesalan/dejection dan ketegangan/tension
  4. Efek echo bacaan Alqur’an memberi efek penyembuhan
  1. Alqur’an adalah kumpulan dari kalamullah, andaikan Alqur’an tidak memberi manfaat apapun maka tetap kita menghormati isinya sebagai satu-satunya kitab suci yang masih ada .
  2. Alqur’an sendiri menegaskan kehadirannya sebagai :
-          pemberi peringatan ; Qur’an Surah Al-An’am, 6:19,90,92,130, Al-‘arof, 7:2
-          pembawa berita gembira; Al-A’arof, 7:188, Q.S. Yunus, 10:2
-          Ibroh, ada yang patut dicontoh dan ada yang patut dihindari, Ar-Ra’d, 13:6, An-Nur, 24:34,
-          pemisah antara yang haq dan yang bathil, Q.S. Al-Furqon, 25:1
-          sebagai pelipur hati, dengan berdzikir hatimu akan tentram, Q.S. Az-Zumar 39:23, Q.S. Al-Fath, 48:26
-          obat penyakit yang ada di dada/hati, Q.S. Yunus, 10:57
-          obat bagi semua penyakit kec. Bagi orang kafir, Q.S. Al-Isra’, 17:82
  1. Penyakit ada yang fisik – jiwa – sosial – spiritual
Fisik : Nabi Ayyub a.s. , Q.S. Shaad, 38:41, Q.S. Al-Anbiya’, 21:83,84
Jiwa, sosial dan spiritual  : penyakit hati 14 ayat .
  1. Ibnu Qayyim Al-Jauziyah rhm., menyatakan bahwa semua penyakit bisa disembuhkan dengan Al-Qur’an . Bagaimana mekanismenya ?
  1. Otak manusia adalah pengendali semua proses di tubuh manusia
  2. Di negara-negara maju manusia mempelajari kekuatan pikiran dalam penyembuhan penyakit
  3. Alqur’an menyebutkan dalam surah Al-Fath, 48:29, pada wajah mereka tampak tanda-tanda bekas sujud, tawaadhu’, digambarkan bagai tanaman yang bertunas kuat-tegak lurus diatas pokoknya .
  4. Penelitian medis membuktikan bahwa mereka yang kuat keyakinannya/keimanannya kepada Allah akan memiliki daya tahan tubuh yang kuat, dan kemampuan penyembuhan yang tinggi, silakan baca buku yang saya susun bersama-sama beberapa dokter ahli dan Professor dari Rumah Sakit Kanker Dharmais, berjudul Sakit Menguatkan Iman terbitan penerbit Republika, tahun 1998
  5. Semua anjuran pengobatan dari Rasulullah SAW selalu dimulai dengan pembenahan iman, jadi bukan semata-mata sakit A diberi obat X, kita tak bisa memisahkan antara obat dengan kekuasaan Allah SWT atas kesembuhan .
  1. Penyembuhan dengan Alqur’an adalah untuk semua penyakit karena pengalaman saya bahwa membaca dan mengagungkan Al-Qur’an adalah langkah awal penyembuhan .
  2. Rasulullah SAW memerintahkan sahabat beliau SAW yang sakit mata untuk melihat Alqur’an . Melihat Alqur’an saja bisa menyembuhkan penyakit apalagi membacanya, apalagi menghayatinya, dan lebih lagi melaksanakannya .
  3. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rhm. mengatakan bahwa salah satu penyebab sakit adalah mengingkari ajaran Allah SWT dan RasulNya SAW. Pernah suatu hari Ibnu Qayyim rhm. Mengunjungi madinah, beliau sakit namun tidak menemui adanya tabib, lalu beliau mengambil air dan membacakan alfatihah pada air tersebut lalu meminumnya, akhirnya sembuh . Sejak itu beliau selalu menambahkan do’a-do’a dalam setiap pengobatan .
YANG PENTING DIATAS SEGALANYA ADALAH PENGHAYATAN ATAS FIRMAN ALLAH
Artinya:”Dan mereka tidak diperintahkan kecuali supaya menyembah Allah dengan ikhlas semata untuk keta’atan kepada agama yang lurus , dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus”.
(Q.S. Albayyinah, 98:5)